Halaman

Desember 15, 2012

Pastel dan Bakul Kue

Bismillah.

Rawamangun, lagi-lagi Rawamangun.. ya abis gimana? pan aku tumbuh di Rawamangun :p. Di lingkungan rumah saya ini tergolong yang banyak banget bakul kuenya. Bakul kue yang saya maksudkan di sini yaitu yang seperti jualan nasi uduk di pagi hari itu loh. Kenapa saya sebut bakul kue? soalnya makin lama makin kemari, si penjual-penjual itu bukan cuma menjual nasi uduk dan lontong sayur saja, tapi aneka kue dan gorengan juga. Ya memang sih, pasti di daerah lain juga ada yang seperti itu. Cuma semenjak saya tinggal bersama Suami di Bekasi, beda aja lingkungannya, jarang ada bakul kue seperti itu, tukang sayur lebih laku, pagi hari Ibu-Ibu sudah rajin ke tukang sayur untuk membuat sarapan sendiri. Jadi, paling bakul kue atau penjual nasi uduk cuma 1 atau 2 saja. Tentu berbeda kan.. dengan Rawamangun? rumah saya, rumah orang tua saya.

Takjubnya adalah penjual bukan cuma 1, 2, 3, 4 saja, tapi buanyaaaak banget, setiap RT ada kaliii. Semua gelar dagangan pagi hari, bahkan ada yang buka sore hari, jadi kita bisa menikmati nasi uduk di sore hari. Tentu beda nasi uduk buatan pedagang rumahan seperti ini dengan nasi uduk restoran atau nasi uduk 'tendaan'. Harga rumahan pun jauh lebih terjangkau, dengan Rp.4000 saja sudah sedeeep banjeeet lengkap dengan gorengan. Nah, sampai-sampai kebingungan nih mau beli nasi uduk si 'Mpok' siapa. Konsumen sangat dimanjakan dengan cita rasa yang menakjubkan. Ya karena itu tadi, semakin menjamurnya yang berjualan nasi uduk jadi masing-masing terus bersaing kualitas. Sumpah deeeeh nasi uduk dimari wangiiiii banget, guriiiih, sambelnya maknyuus, gorengannya jumbo-jumbo, bakwan, tahu isi, oncom goreng, risol bihun, nyem nyem nyem...

Belum lagi aneka kue yang dijajakan, Masya Allah....... risoles, pastel, lontong, donat coklat-keju-gula, roti isi selai blueberry, bolu coklat, waaaaaah banyak deh, bahkan ada satu penjual kue rumahan khusus yang memang khusus menjual kue (tanpa nasi uduk dan lontong sayur), kue dipajang di lemari kaca sederhana, semuanya cuma Rp.1000-an, nyummi nyummiii ipa ipppuuuu...

Nasi uduk dan lontong sayur saja udah enak-enak banget (betawi banget deh cita rasanya). Nah kue-kuenya itu juga bersaing ketat kualitasnya, jam 8 pagi sudah amblasss. Apalagi kalau bulan ramadhan, wuaaaah..... bakul kue sudah pasti dong berganti jam jualan menjadi sore menjelang magrib, tambah pusing deh ngeliatnya. Sampai-sampai Kang Mas yang menurut saya suka kritis soal citarasa, kesukaannya adalah risoles isi kentang wortel dengan kulit bertabur panir, ketika disuguhkan oleh Mamah saya (beli di bakul kue sini), Kang Mas pun sukaaa banget, katanya 'ini kulitnya pake apa ya? kayak ada rasa keju-kejunya' saya pikir 'ah masa pake keju, wong harganya Rp.1000-an'.

Rrr... kalau saya, pastel isi bihun is the best. Panganan kesukaan, yang terkadang ga nemu 'pas'nya. Pas bentuknya (gede kecilnya), pas isinya (bihunnya kering, basah, sedikit, banyak), rasanya (anyep atau berasa). Ya... susah susah gampang nemuin pastel yang pas. Nah, di mari nih..... ada aja dah yang pas. Makanya kalau kemari udah pasti pesen dulu sama Mamah dibeliin pagi-pagi. Nah, ada lagi combro. Combro Mpok Titi, combro legenda saya ketika saya ngaji TPA, asli maknyus abis, dulu harganya Rp.200 sekarang Rp.1000 jumbo abis.

Dulu..soal jajanan kayak ginian saya ga pakai pikir panjang. Habis dimakan, 'suka', nagih, yasudah. Dulu banget malah setiap Mamah bawa kue-kue arisan, buka boxnya, pilah pilih, yang coklat-coklat jadi rebutan saya sama kakak saya, kemudian yang goreng-gorengan kayak pastel, risoles juga jadi rebutan, sedangkan kalau kue-kue pasar yang dibungkus daun pisang atau jajan pasar tradisional jarang nyentuh sama sekali, bolu kukus kalau ga coklat males banget dimakan, udah mana seret rasanya :p. Kue sus juga ga nyentuh karena kurang suka sama vlanya, nyembek-nyembek gimana gitu, tapi itu duluuuuuuu. Sekarang jangankan pilah-pilih, bukan soal pilah pilihnya juga sih, tapi setiap ngeliat kue tuh pasti kebayang 'cara bikinnya' ga tega kalo ga kemakan, enak ga enak pasti membuatnya adalah suatu perjuangan dan seni, berjuang mengeksekusi resep dengan baik, bantet ga bantet, seret ga seret, sayang banget klo ga dimakan. Ini kue loo.. seseorang di balik dapur sana membuat ini untuk kita, untuk dimakan, mungkin dia ga butuh apresiasi bahkan mungkin sekedar mengais rezeki, tapi ya kudu dihargai. Sekarang.. ketika saya tau bagaimana susahnya membuat kue yang 'seret' itu, ga ada lagi dah 'ilfeel' ngeliat kue walaupun bantet.

Emang sih, ada juga bakul-bakul yang ga bertanggung jawab seperti yang ada di 'reportase2' itu loh. Yang menggunakan bahan-bahan aneh bisa merusak kesehatan, sah-sah aja dong kita ga makan. Iyap, bener, ya kelihatan lah dari rupanya, lagipula klo ga yakin dengan tampangnya, ya ga usah dibeli, tapi jangan di 'cuih' kan juga *apasih bahasanya*, ya kalau saya sih mikirnya banyak loh anak-anak yang ga bisa makan kue enak, ya dengan pengurangan standar bahan kue sehingga dihasilkan sepotong kue yang harganya terjangkau, adalah memberikan kesempatan kepada mereka yang mungkin belum bisa mencicipi kue dengan rasa kualitas tinggi. Misal, tau kan lapis legit itu kue mahal? bikinnya aja bikin lemes, bahan-bahannya juga mantep, telur seabrek-abrek. Nah, sekarang banyak banget lapis legit dijual seharga Rp.17.000-25.000an saja, padahal kalau yang asli bisa Rp.300.000-400.000an, bener ga segitu? :P ya ratusan ribulah baca-baca dari milis NCC kemarin. Hikmahnya ya orang-orang seperti saya ini bisa nyobain yang namanya 'lapis legit' :P. Walau tentunya berharap dengan pengurangan standar kue tersebut adalah mengurangi jenisnya aja, pakai 'kw'nya dengan tetap menjunjung tinggi etika membuat makanan, yaitu dari segi kesehatan dan kebersihan. Makanya nih kita-kita (*saya belum bisa sih buat kue :P) yang bisa bikin kue enak, kalau ada rejekiiii ya berikanlah kesempatan kepada mereka-mereka yang mungkin belum pernah mencicipi kue dengan kualitas yang baik.

Well, balik lagi nih. Jadi setiap Mamah membeli risoles, donat, atau pastel, saya jadi mikir duuuh ini buatnya gimana yakk. Enak banget begini, padahal sang koki bukan koki restoran atau toko kue terkenal. Jadi deh, takjub dan saya sangat mengapresiasi pedagang kue rumahan seperti itu.

Nah, begini deh klo kebakar semangat Ibu-Ibu pedagang kue rumahan yang bisa bikin kue enyak enyak banget. Saya jadi mau bikin juga kue kesukaan saya, pastel. Haiiish...... tetep aja beloman enak. Kulitnya itu loh, belum nemu 'soul'nyah..hahaha.

Saya udah baca-baca terus resep jalangkotenya 'Kiki' teman saya. Cuma sayanya yang salah mengeksekusi kali ya, kebanyak margarin mungkin, atau kelamaan nguleni. Kalau isian mah terserah kita kan? mau diisi apa, nah yang penting kulitnya itu dulu loh @-).

Ini dia resepnya.
Bahan buat kulit:
- Tepung terigu 1/2 kg
- Mentega 2 sdm
- Garam secukupnya
- Air secukupnya

Cara membuat kulit: Campur terigu, mentega dan garam, tambahkan air sedikit demi sedikit, sampe adonan nyatu ( ga terlalu keras dan lembek ya) n siap buat di giling..
---

Habis digiling ya dipilin. Nah cara milin kulit pastel yang cantik itu juga pertamanya bikin ketar ketir, secara belum pernah ngeliat prakteknya, Alhamdulillah ada videonya di Youtube. Ini dia..


Well, baru 2 kali nyoba siiih. Jadi dimaklumi ya kalau emang belum enak kulitnya : D. Walaupun kata Suami sih enak loh *menghiburdiri*, hehehe. Oya, ada juga kemajuan di percobaan bikin pastel kedua saya ini, ya karena video di atas itu, saya jadi ngerti gimana caranya milin pastel yang bener :P. Haaah...siap angkat botol lagi deh buat ngegiling pastel ;), semangaaaat..!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar