Halaman

Desember 14, 2012

Bolu Kukus

Bismillah.

Masya Allah, malem hari baru berasa tangan kanan pegel semua. Ga apa-apa, sekecil apapun kesusahan yang kita alami, pegel-pegel, gatel-gatel, atau sakit apapun itu yang pasti dapat menggugurkan dosa-dosa, aamiin, bahkan nambah pahala, aamiin. Kenapa pegel-pegel? soalnya pagi-pagi udah olah raga tangan, ngemix 20menit @-), baru pertama kali juga mixing selama itu. Bikin apa sih Yol? Bolkus Ngakak Kakaaak...!

Bolu kukus, tantangan Dapur Aisyah untuk bulan Desember ini. Yasudah, lumayan buat belajar-belajar. Saya ambil resepnya Bu Fatmah (NCC).

Bahan :
200 gr gula pasir
2 btr telur
200 gr tepung terigu
200 ml air soda (saya pakai Fanta-yang ada di kulkas aja : D)
1 sdt emulsifier (SP)
(saya pakai 3 sdm meses coklat)


Bahan-Bahan
Alat-alat

Cara membuatnya:

Taruh semua bahan dalam wadah, kocok dengan hand mixer sekaligus hingga kental.
Ambil sebagian, beri warna sesuai selera.
Tuang kedalam cetakan bolu kukus yang telah dialasi kertas, adonan putih dan adonan warna.
Kukus dalam dandang yang telah beruap banyak selama 20menit.

---
Versi saya :
1. Baca bismillah : D
2. Taruh semua bahan dalam wadah, kocok dengan hand mixer sekaligus hingga kental, saya sudah mixer 20 menit kecepatan maksimal, tapi tetep aja adonan masih gampang jatuhnya.
3. Tadinya mau pakai coklat bubuk, tapi karena warnanya sudah pink karena Fanta, ga jadi deh.
4. Tambah meses, aduk dengan kecepatan rendah sampai tercapur rata saja.
5. Tuang kedalam cetakan bolu kukus yang telah dialasi kertas.
6. Kukus dalam dandang yang telah beruap banyak selama 20menit, kalau saya bolkus jama'ah pertama 20menit, jama'ah kedua 10menit.

Bolkus sebelum dikukus
---

Pas dibuka tutup langsengnya, alhamdulillah tampak mekar (*nyengir2 pengen lompat jejingkrakan : D). Eh tapi pas diperhatikan kok bagian bawahnya agak bantet, teweww wew wew.. =)) (*pengen ngakak guling2 rasanya), eh bantet ga sih? jadi siiih, rasanya juga kayak bolkus yang suka di arisan2 itu : P, cuma keliatannya yang terbungkus kertas agak kecil gitu. Akhirnya jama'ah kedua saya coba kukus 10 menit, eh malah agak lebih mekar, walaupun sepertinya belum sempurna betul punya saya ini.

Kayaknya agak bantet mungkin karena terciprat air dari bawah (*karena bagian bawah bolkus agak basah) atau dari tutup langseng ketetes uap air (*padahal sudah dipakaikan kain).Hm.. apalagi ya, oia waktu mengaduk adonan sudah pakai kecepatan maksimal udah lama pula, tapi kok sepertinya belum sempurna juga, terlihat dari adonan yang jatuh dari adukan mixer masih agak cepat jatuhnya. Apa kemampuan mixer saya yang segitu ya, maklum turunan Mamah, belum pernah dipake, waktu diwariskan juga ada pesan 'Kalau kecium bau gosong ya matiin ya' hehehe.

Ternyata praktek tak semudah teorinya ya, hihi. Alhamdulillah tapi rasanya enak, tapi saya siap angkat mixer lagih buat latihan yang ke 2, 3, 4, sampe mahiiiir. Semangaaat.



Ya seperti donat kemarin, di latihan ke3 baru berhasil :), harus coba lagi bikin bolkus..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar