Halaman

November 25, 2012

Pembelajaran Anak Usia Dini Untuk Homeschooling

Bismillah.

Alhamdulillah, dapet lagi ilmu baru :) tentang Sunni Home Schooling, ada juga groupnya di fb, silahkan jika ada yang mau bergabung https://www.facebook.com/groups/212413442106205/?fref=ts

Mumpung ketemu, catat dulu..



PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (HOME SCHOOLING)

by Farida Ilmiasari (praktisi home schooling)

Ummahat  disini akan ana sampaikan panduan pembelajaran Anak Usia Dini mulai usia 3-5 th. Sebelumnya agar efektif buatlah jadwalnya, usahakan anak disiplin dengan waktu belajar walaupun kita sendiri yang buat jadwal, contoh template ana seperti ini :

Waktu                Senin             Selasa              Rabu             Kamis            Sabtu        Keterangan
08.00 - 09.00          H                    H                    H                    H                  H
09.00 - 09.30           I                     I                      I                     I                    i
09.30 - 10.00          aq                  si                    fq                    aq                 si
10.00 - 10.30          K                    B                   Se                   K                  B
10.30 - 11.00          E                    E                    E                    E                  E

Keterangan:
H : Meliputi hafalan juz Amma, hafalan hadits arba’in, hafalan doa
I : Istirahat, bisa diisi dengan latihan membaca iqra/tamhid dan latin, memakai buku anak islam suka membaca jilid 1-5 untuk latihan baca latin, iqra/ tamhid jilid 1-5 untuk latihan baca alqur’an.
Aq : pelajaran aqidah
Si : pelajaran siroh n tarikh
Fq : pelajaran fiqh
K : Kognitif meliputi ; mengenali benda sekitar menurut jenis ukuran,bentuk, konsep sains sederhana, bilangan, bentuk geometri, memecahkan masalah sederhana, konsep waktu, dan berhitung sederhana,.
B : Berbahasa, bisa kosa kata arab dan inggris, kemampuan berbahasa mengenal bunyi suara, memahami kata dan kalimat sederhana, keaksaraan
Se : Seni  dan kreativitas
E : Evaluasi/penutup bisa ditambah latihan gerakan dan bacaan shalat

Untuk kolom keterangan diisi apabila ada pembelajaran yang tidak/belum terlaksana bisa dilakukan di waktu berikutnya. Buat juga laporan perkembangan anak tiap ahir pekan pembelajaran, untuk latihan iqra dan baca latin buat kartu prestasi, ada keterangan lancar (L) dan ulang (U) ini tiap hari dicatat. Memang ini seperti sekolah, cuma tempatnya di rumah sendiri, semuanya agar tersistem dan bisa berjalan dengan baik insyaAllah. 
   
Ummahat  pembelajaran anak usia dini  terdiri dari 2 aspek pengembangan (bahasa sederhananya hal-hal yang diajarkan ke anak balita, kalo waktu kita SD dulu semacam mata pelajaran) yaitu:
Aspek Pengembangan Pembiasaan Pembentukan Perilaku.
  1. Pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dalam kehidupan sehari hari anak sehingga menjadi kebiasaan yang baik, merupakan pengembangan moral dan nilai nilai agama islam.
  2. Disini ditanamkan pula pendidikan karakter yang tentunya kita merujuk pada karakter-karakter pribadi muslim yang kuat dengan meniru dan mencontoh karakter Rasulullah shalallahu alaihiwassalam.
  3. Pengembangan sosial emosional dan kemandirian  juga dikembangkan dan diajarkan agar anak dapat mengendalikan emosi secara wajar, dapat berinteraksi dgan sesama dan orang dewasa dengan baik dan dapat menolong diri sendiri dalam rangka kecakapan hidup.
Materi yang diajarkan yaitu:
  1. Aqidah, 
  2. Akhlak, disini pengajarannya ketika hafalan doa, karena terdapat pembelajaran adab atau tata cara jadi akhlak diajarkan disini.
  3. Fiqh ibadah
  4. Sosial, emosional dan kemandirian
Aspek Pengembangan Kemampuan Dasar.
Materi yang dikembangkan dan dikerjakan yaitu:
  1. Kognitif
  2. Berbahasa
  3. Fisik dan motorik
  4. Seni
Setelah memahami  tentang materi – materi apa yang harus dikembangkan dan diajarkan dalam pembelajaran anak usia dini, sekarang kita menerapkan  sesuai dengan waktu dan tema, disini kita harus tahu tentang waktu dan tema agar yang diajarkan terarah dan tersistem. Tema –Tema yang dikembangkan dalam pembelajaran Anak Usia Dini (AUD), dan alokasi waktu terdiri dari:

Semester            Tema                                                           Alokasi/perkiraan waktu
       I              1. Tema Diri Sendiri                                                   3 minggu
                      2. Tema Lingkunganku                                              4 minggu
                      3. Tema Kebutuhanku                                               4 minggu
                      4. Tema Binatang                                                     3 minggu
                      5. Tema  Tanaman                                                    3 minggu

       II             6. Tema Rekreasi                                                      4 minggu
                      7. Tema Pekerjaan                                                   3 minggu
                      8. Tema Air, Udara, Api                                            2 minggu
                      9. Tema Alat Komunikasi                                          2 minggu
                     10. Tema Tanah Airku                                                3 minggu
                     11. Tema  Alam Semesta                                           3 minggu

Setelah kita tahu tema-tema tadi, marilah kita mulai pembelajaran AUD ini mulai dengan tema awal Diri Sendiri dengan Alokasi Waktu 3 minggu, mulai hari ini misalnya  senin 1 Agustus 2011, dengan jadwal harian yang ana contohkan diatas, bagi yg mau ikutan kalo terlambat alokasi waktu bisa disesuaikan ya,

Untuk mulai pembelajaran diawali dengan salam doa buka majlis, doa sebelum belajar, doa/dzikir pagi hari, anak-anak diberitahu adab menuntut ilmu, ketika ummu atau guru berbicara anak dibiasakan untuk harus diam dan mendengarkan, jangan mulai ketika masih ada anak yang bicara dan senda gurau, tanamkan agar anak menghormati ummu/guru yang sedang menyampaikan dan berbicara, ummahat kan sering dengan pembiasaan insyaAllah anak bisa, ini sudah termasuk ke pembelajaran akhlak loh, jangan terpukau dengan metode AUD barat yang mengajarkan anak itu belajar sambil bermain, jadi ketika ummu menyampaikan ilmu anak gojek, lari sana sini, atau senda gurau, tidak bisa itu, ajarkan ketika ilmu disampaikan, anak menyimak, mendengarkan, tidak berisik, walau hanya sebentar, ana dah praktek ke anak2 ana, masalah pembiasaan butuh waktu lama, jangan keburu wah gak bisa, mengajar anak harus sabar dan melatih kesabaran kita. Jangan pernah menganggap kalo anak gak mau kalo ummi yang ngajari, pasti mau karena sesungguhnya balita gak bisa lepas dari ummu, tinggal cara penyampaian kita ke anak,  ketika melihat anak mulai jenuh dan tidak konsentrasi (setiap 3 menit kurang lebihnya) ya break dulu  isi dengan cerita dan main sebentar (ini baru masuk ke main sambil belajar, jangan campur aduk), batasi sebentar jgn meluas untuk Hafalan juz amma dimulai dr surat2 pendek dulu, setelah  dia terbiasa menghafal, bisa ditambah dengan  surat yang panjang  dr arah belakang juz amma, untuk hafalan hadits arbain dimulai hadits tentang niat, matannya belum dulu, nanti kalau usia 6 th, tapi kalau anak mampu diajarkan sekalian jg bisa, hafalan doa pake hishnul muslim, untuk tema Diri Sendiri  Hafalan doanya yg diajarkan pertama yaitu
  1. Adab mengucap salam, menjawab salam,  doa /dzikir pg/petang hari, doa mau belajar, doa penutup majlis, adab dan doa sebelum dan sesudah tidur, adab n doa bersin. Semua ini biasanya langsung dipraktekkan  dalam kehidupan sehari2.
Untuk adab dan doa sebelum sesudah makan, masuk wc, nanti pembelajarannya difokuskan pada tema kebutuhanku 2 bulan lagi ini secara ketemaan, tp diajarkan  ketika anak melakukan kegiatan tersebut secara langsung lebih bagus gak harus nunggu waktu ketemaan ya ummahat.

Untuk materi Aqidah, bisa dimulai dengan  membiasakan mengucapkan kalimat thoyyibah, yaitu  kalimat syahadah, basmalah, Ta’awudz, Tasbih,Tahmid, takbir, hamdalah, istighfar, InsyaAllah, Masya Allah, Istirja’, Tahlil secara bertahap,  materi rukun iman, dan tentang islam adalah Agama yang benar dan diakui diterima disisi Allah Ta’ala.

Tema Diri Sendiri yang dialokasikan 3 minggu acuannya meliputi
Identitas diri ; misalnya nama, usia, jenis kelamin, nama ortu, alamat rumah
  1. Anggota tubuh misalnya kepala , kaki, tangan dsb
  2. Ciriciri tubuh: warna kulit, bentuk badan, warna rambut
  3.  Kesukaan / hoby misalnya dalam makanan, warna, permainan, kegiatan
  4. Alat/macam indra missal mata , telinga,dsb
  5. Fungsi alat indra , missal mata untuk melihat dst
  6. Macam-macam rasa; pahit, manis, asam, asin,sepet
  7. Macam-macam perabaan; kasar, halus , tajam, dingin, panas,
  8. Macam-macam pembauan; wangi, amis , anyir, busuk, harum
  9. Macam-macam suara; keras , lembut,  nyaring, melengking
  10. Macam-macam penglihatan; jelas, buram, jauh, dekat,silau gelap, terang, samar

Mengacu dari tema Diri Sendiri , materi Berbahasa bisa ditambahkan hafalan kosa kata bahasa arab dan inggris, misalnya;
  1. Saya= ana= I (baca ai)……. Bahasa arab nanti ditulis pake hijaiyah
  2. Hidung= anfun=nose ………………….dilanjutkan dengan  anggota tubuh lainnya  minimal dalam 3 minggu ada 15  kata.

Materi Kognitif bisa di mulai dengan mengenali benda disekitarnya  menurut bentuk, jenis dan ukuran, pengenalan angka  1-5 dulu dengan  mngenalkan konsep bilangan tersebut  dengan benda. Ada lembar kerjanya, ana jg menyediakan dan bisa pesan  sekaligus untuk 1 semester, terdiri dari:

1. Anak sholih  Pintar Membaca
2. Anak sholih Pintar Berhitung
3. Anak sholih Berakhlak  Baik
4. Anak sholih Trampil berkarya
5. Anak sholih  mengenal bahasa arab

Selamat mencoba semoga bermanfaat,  ketemu 3 minggu lagi dengan tema selanjutnya, misalkan belum memahami bisa konsultasikan ke ana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar